RSS Subscription

Subscribe via RSS reader:
Subscribe via Email Address:
 

Rubrik Sastra Dan Budaya Di Surat Kabar (Analisis Isi pada Harian Kompas dan Jawa Pos Edisi Februari – April 2006).

Posted By CAMPUS On 11.20 Under
Abstraksi Penelitian
Kehadiran surat kabar disebabkan karena kebutuhan infomasi, ekspresi diri, dan komunikasi. Diantara surat kabar yang beredar di masyarakat, penulis tertarik untuk meneliti dua surat kabar yang termasuk dalam jajaran surat kabar populer di Indonesia, yaitu Kompas dan Jawa Pos. Kompas diterbitkan dalam skala nasional dan dengan lay out yang diperuntukkan pembaca kalangan berpendidikan serta ekonomi menengah ke atas. Sedang Jawa Pos besar di Daerah dengan tampilan yang lebih sederhana, namun lebih mengena bagi masyarakat menengah kebawah. Dalam surat kabar tersebut, berbagai rubrik ditawarkan, semuanya membutuhkan kreasi tersendiri dari dewan redaksi untuk tetap netral dan obyektif dalam menyajikan berita.

Salah satu rubrik yang ditawarkan adalah rubrik sastra dan budaya, walaupun tidak hadir setiap hari. Walau hadir hanya dalam hitungan mingguan (Sabtu dan Minggu), akan tetapi kehadiran rubrik ini sudah cukup menghilangkan haus pembaca terutama kalangan tertentu. Disini, penulis tertarik untuk membahas mengenai rubrik sastra dan budaya dari kedua surat kabar tersebut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis isi yang bersifat kualitatif. Penelitian dengan metode analisis isi dirancang untuk mengkaji isi komunikasi terdokumentasi (terekam). Penelitian ini mempunyai ruang lingkup penelitian yaitu rubrik sastra dan budaya di surat kabar Jawa Pos dan Kompas edisi Februari – April 2006. Keseluruhannya adalah sebanyak 24 edisi dengan total 63 tulisan dalam rubrik sastra dan budaya pada kedua Surat Kabar tersebut. Dalam penelitian ini, setelah melakukan dokumentasi, penulis melakukan pencatatan terhadap bahan analisis yang terdapat dalam isi kolom pada rubrik. Kemudian hasil dokumentasi tersebut dianalisis dalam lembar coding shet yang telah dibuat dan disesuaikan dengan kategorinya. Untuk menguji reliabilitas, penelitian ini dibantu oleh dua orang coder (orang yang melakukan pengkodingan) dalam pengkodingan data.
Surat Kabar secara umum disini dianggap sebagai pers yang mana merupakan bagian dari Komunikasi Massa. Secara sederhana, komunikasi massa dapat dikatakan sebagai komunikasi dengan menggunakan media massa. Pers sendiri adalah lembaga kemasyarakatan, alat perjuangan nasional yang mempunyai karya sebagai salah satu media komunikasi massa, yang bersifat umum berupa penerbitan yang teratur waktu terbitnya diperlengkapi atau tidak diperlengkapi dengan alat-alat milik sendiri berupa alat-alat percetakan, alat-alat foto, mesin-mesin stencil atau alat-alat tehnik lainnya. Karena pembahasan erat hubungannya dengan pers, maka penulis disini membahas teori-teori pers, yaitu antara lain teori authoritarian pers, teori libertarian pers, teori social responsibility, dan teori social communist pers.
Berdasarkan analisis yang dilakukan pada rubrik sastra dan budaya Harian Kompas dan Jawa Pos edisi Februari – April 2006, dari pengkodingan antara peneliti dan koder I yang ditentukan didapatkan coefisien reliability 0.98 atau 98% dan direpresentasikan dalam nilai keterandalan formula scott adalah sebesar 0.97 atau 97 %. Sedangkan dari pengkodingan antara peneliti dan koder II yang ditentukan didapatkan koefisien reliability 0.98 atau 98 % dan direpresentasikan dalam nilai keterandalam formula scott adalah sebesar 0.97 atau 97%. Dari hasil analisis, dapat diketahui kategori tema politik dan pemerintahan sebesar 0% ; ekonomi 0 % ; diplomasi, perang, dan pertahanan sebesar 4.7% ; kejahatan dan hukum 1.6 % ; moral masyarakat 4.8% ; kecelakaan dan bencana alam sebesar 1.6% ; human interest sebesar 66.7% ; kesehatan dan kesejahteraan masyarakat 1.6% ; pendidikan olah raga sebesar 12.7%; dan agama sebesar 6.3 %. Dari data tersebut, diketahui bahwa tulisan pada Rubrik Sastra dan Budaya pada Harian Kompas dan Jawa Pos cenderung mengangkat tema human interest, yaitu kategorisasi tema berkaitan dengan percintaan, persahabatan, perasaan atau emosional seseorang dan juga humor dengan porsi yang lebih besar.
Dari hasil penelitian, terlihat adanya ketidaksesuaian dalam misi Jawa Pos dengan kandungan isi Rubrik Sastra dan Budaya, sehingga dapat dikatakan disini bahwa tema yang dimuat harian Jawa Pos sudah kurang sesuai dengan visi dan misinya. Sedangkan untuk Harian Kompas, dapat dikatakan bahwa visi dan misi harian Kompas kurang sesuai dengan dominasi tema human interest yang dimuat pada kolom Sastra dan Budaya pada Harian tesrebut.


Posting Komentar