RSS Subscription

Subscribe via RSS reader:
Subscribe via Email Address:
 

Pendidikan Pemberdayaan (Empowering Education) ; Buku Panduan Bagi Para Pendidik

Posted By CAMPUS On 12.36 Under
Pendahuluan
Buku ini adalah buku Pendidikan Pemberdayaan. Buku ini tidak sama dengan buku cetak biasa. Buku ini tidak mengandung informasi yang biasanya dimuat oleh buku-buku cetak yang dipakai di sekolah-sekolah. Buku ini tidak memuat larangan-larangan dan kebenaran-kebenaran baku umum. Buku ini tidak mengajarkan arti tradisional dari istilah-istilah tersebut.

Manual ini memiliki tujuan yang berbeda: mengajarkan anda untuk belajar sendiri, memperoleh pengalaman dan pengetahuan sosial sendiri, dan dengan murah hati membaginya dengan yang lain.

Dalam kelas-kelas Pendidikan Pemberdayaan, para siswa diajarkan untuk mengembangkan hubungannya dengan orang lain berdasarkan kepercayaan dan kemitraan dan peka jender, serta bagaimana cara untuk bekerjasama dan membentuk suatu tim dengan sukses.

Pelatihan ini dibangun dengan etika dan filosofi anti-kekerasan dan didasarkan pada usaha mendapatkan pengetahuan melalui pengalaman sendiri. Ditiap sesi, tiap siswa mendapatkan pemberdayaan, dan mereka berhak untuk menjadi bagian penting dalan dialog yang terjadi di dalam tiap pelatihan. Tiap siswa memainkan peranan aktif dalam proses pengajaran.

Bagaimana hal ini dapat dicapai dalam diskusi kelompok besar maupun kecil, curah pendapat, studi kasus, permainan-peranan (role-playing); melalui situasi-situasi yang disarankan dimana garis tipis antara ciptaan dan kenyataan dihapuskan, ketika situasi-situasi yang diciptakan dilihat sebagai suatu model hubungan antar manusia dalam masyarakat. Harus ditekankan bahwa pendidikan jenis ini menggunakan pengalaman unik dan berharga dari tiap siswa. Hal ini menggambarkan penghormatan terhadap pengalaman dan diri tiap siswa.

Ini merupakan pendekatan pengajaran yang merupakan dasar dari Proyek Pendidikan Pemberdayaan internasional. Proyek ini sendiri memiliki sejarahnya sendiri. Sejarah tersebut termasuk lokakarya-lokakarya pelatihan Kepemimpinan Perempuan yang diadakan oleh Women’s Center dan NIS-US Women’s Consortium sejak tahun 1995. Terdapat pula kelas-kelas yang diadakan di berbagai sekolah dan universitas di Kyiv, Symferopol dan Uzhorod yang tercakup dalam proyek percobaan (pilot project) yang dibiayai oleh Global Women’s Fund. Dan akhirnya, pada tahun 1999, Proyek Pendidikan Pemberdayaan diajukan oleh Information and Consultation Women’s Center (Kyiv) dan didukung oleh Open Society Institute Women’s Network dan International Renaissance Foundation. Berkat dukungan tersebut kini kelas-kelas Pendidikan Pemberdayaan diadakan tidak hanya di Ukrania namun juga di Albania, Georgia. Kyrgyzstan, Lithuania, Tajikistan dan Uzbekistan.

Pendidikan Pemberdayaan terdiri dari empat unit: Komunikasi yang Berhasil, Dialog Bervariasi (Keseteraan Jender), Mengatur diri sendiri-berkolaborasi dengen orang lain, Di jalan menuju anti-kekerasan. Setiap unit mengandung sejumlah latihan yang dijabarkan dalam manual ini, yang dikumpulkan dari berbagai sumber seperti seminar pelatihan, pertemuan, diskusi terbatas, dsb.

Karena itulah manual kami menjadi hasil dari kerjasama dengan banyak orang, pelatih, peserta berbagai proyek, aktivis gerakan perempuan di berbagai negara. Kami berterimakasih kepada semua yang telah membantu kami. Khususnya kami berterimaksih kepada Open Society Institute Women’s Network dan International Renaissance foundation yang memungkinkan terlaksananya proyek kami. Kami juga hendak mengucapkan terima kasih kepada para pengkaji ulang: Doktor Philologis Lubos Pustovit (National Academy of Sciences of Ukraine) dan profesor Evhen Rehusinky (Vernadsky Tavrian State University). Mereka memeriksa manual-manual kami dan memberikan banyak masukan yang berharga.

Manual ini ditujukan terutama untuk mereka yang bekerja untuk proyek ini dan melakukan seminar di tingkat pendidikan menengah. Namun kami berharap buku ini juga dapat berguna bagi mereka yang tertarik terhadapan Pendidikan Pemberdayaan sebagai proyek dan gaya hidup.

Mempublikasikan buku ini mungkin hanya langkah pertama pada jalan yang terbuka di depan kita
Donwload Versi Lengkapnya


Posting Komentar