RSS Subscription

Subscribe via RSS reader:
Subscribe via Email Address:
 

Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Motivasi Kerja Karyawan PT. Meco Inoxprima Sepanjang Sidoarjo

Posted By CAMPUS On 11.28 Under
Faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi kerja karyawan sangatlah penting dan harus diperhatikan oleh setiap manajer pada perusahaan. Faktor-faktor tersebut dapa dibagi menjadi dua yaitu faktor Intern dan faktor Ekstern. Faktor- faktor Intern merupakan faktor motivasi yang ada dalam diri setiap manusia. Sedangkan faktor Ekstern merupakan faktor motivasi dari luar yang dapat mempengaruhi setiap orang untuk melakukan suatu tindakan.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi motivasi kerja karyawan PT. Meco Inoxprima di Sepanjang –Sidoarjo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan teknik analisa data yaitu Teknik Analisis Faktor pada program SPSS ver.10,5. Jumlah populasi keseluruhan adalah 350 orang yang terdiri dari 116 orang pada bagian manajemen dan 234 orang karyawan bagian lapangan. Sedangkan sample yang diambil adalah 75 sampel.
Dalam penelitian ini menggunakan dasar teori motivasi yang dikemukankan oleh Hezberg. Yang menyebutkan bahwa kepuasan manuisia terdiri dari puas dan tidak puas. Yang selanjutnya diteliti lagi oleh Pittsburgh sehingga melahirkan teori two faktor yaitu Hygiene. Yaitu hal yang menyebabkan ketidakpuasan atau perasaan negative yang meliputi Kebijakan dan administrasi perusahaan (X1.1), Pengawasan (X1.2), Hubungan dengan Pengawas (X1.3), Kondisi Kerja (X1.4), gaji (X1.5), Hubungan dengan rekan sekerja (X1.6), Kehidupan Pribadi (X1.7), Hubungan dengan bawahan (X1.8), Status dan Keamanan (X1.9). Motivator. Yaitu hal yang menyangkut kepuasan kerja dan perasaan positif yang meliputi; tercapainya tujuan (X2.1), Pengakuan (X2.2), pekkerjaan (x2.3), Pertanggung jawaban (X2.4), Peningkatan (X2.5), Pengembangan (X2.6).
Dari hasil olah data yang menggunakan program SPSS ver.10,5 dengan teknik anlisis faktor diketahui bahwa terdapat dua faktor motivasi baru yang terbentu yaitu Faktor Motivasi Intern yang meliputi Hubungan dengan Pengawas dengan nilai faktor loading 0,940, Pekerjaan itu Sendiri dengan loading faktor 0, 936, Pertanggung Jawaban 0,960, Pengembangan 0,805. Faktor Motivasi Ekstern yang meliputi Kondisi kerja dengan nilai loading faktor 0,871, Gaji 0,782, Status dan Keamanan 0,889, dan Tercapainya Tujuan dengan nilai loading faktor 0, 662. Dengan nilai KMO sebesar 0,709 dan Bartlet Test sebesar 542,665 dengan tingkat signifikansi 0,000.
Dari nilai reproduce dan residual dari hasil olah data, serta nalisis validitas dan reliabilitas maka dapat diketahui bahwa model dengan dua komponen group yaitu Motivasi Intern dan Motivasi Ekstern mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap motivasi kerja karyawan PT. Meco Inoxprima Sepanjang-Sidoarjo. Sedangkan variabel 1 dan 2 lainnya dinyatakan gugur.

Posting Komentar