RSS Subscription

Subscribe via RSS reader:
Subscribe via Email Address:
 

Citra Remaja Dalam Iklan Telivisi (Analisis Semiotik Iklan Pasta Gigi Close Up)

Posted By CAMPUS On 09.26 Under
Abstraksi Penelitian
Iklan yang awalnya hanya sebagai medium untuk menginformasikan dan menawarkan sebuah produk komoditas saat ini berubah bagaikan sebuah dunia magis yang dapat merubah barang komoditas menjadi barang yang penuh dengan citra kegemerlapan yang memikat dan mempesona, sebuah sistem yang keluar dari imajinasi dan muncul dalam dunia nyata melalui media. Kekaguman Raymond Williams terhadap munculnya iklan memiliki dasar yang kuat, dimana televisi telah mengangkat medium iklan ke dalam konteks yang sangat kompleks namun jelas, dan penuh fantasi namun nyata. Kekaguman ini tidak lepas dari peran televisi yang telah menghidupkan iklan dalam dunia kognisi pemirsa yang dipenuhi dengan angan-angan.

Remaja adalah sosok yang paling mudah terpengaruh oleh lingkungan sekitarnya. Dalam kehidupan sosial remaja memiliki sifat ingin tampil beda dan masih dalam proses pencarian jati diri. Kelabilan sifat remaja inilah yang membuat para produsen dan pembuat iklan melirik remaja sebagai pegguna aktif dari barang yang diiklankan.
Berangkat dari fenomena tayangan iklan televisi yang menggunakan citra sebagai kemasan yang paling ditonjolkan, sehingga fungsi dan kegunaan barang yang diiklankan menjadi kabur karena keberadaanya diganti dengan citra iklan yang lebih menonjolkan sisi persuasi psikologis bagi pemirsanya. Pemberian citra yang ditempelkan pada suatu iklan produk membuat jalianan cerita iklan menjadi seakan-akan “nyambung” atau sesuai dengan fungsi dan kegunaan yang ditawarkan, meskipun sebenarnya jalinan antara citra produk dengan fungsi dan kegunaan produk sama sekali tidak berkaitan.
Berdasarkan uraian singkat diatas maka, penelitian ini difokuskan pada penelitian tentang tanda-tanda yang digunakan oleh iklan televisi. Tujuannya adalah untuk mengungkap atau mengetahui bagaimana citra remaja dalam iklan televisi. Tanda-tanda dan gaya hidup seperti apa yang akan ditawarkan iklan kepada remaja, sebab tampilan iklan tidak hanya sekedar menginformasikan tetapi juga mempengaruhi pola konsumsi masyarakat terutama remaja.
Ruang lingkup penelitian adalah iklan televisi pasta gigi close up, iklan ini merupakan kategori iklan perawatan pribadi, yang alur cerita dalam iklannya menggunakan cerita berseri sebanyak tiga seri dan versi. Adapun 3 versi iklan tersebut yaitu, versi “Pertemuan Pertama” sebagai judul versi dari seri pertama, versi kedua adalah “Mobil Mogok” untuk iklan seri kedua dan yang ketiga adalah “Mengembalikan Dompet” sebagai judul versi dari seri ketiga. Teknik analisis yang digunakan adalah mengumpulkan data dengan cara mencatat alur cerita dan merekam ketiga iklan tersebut ke dalam kepingan cd, kemudian dianalisis berdasarkan kategori-kategori yang telah ditentukan. Adapun metode yang digunakan untuk menganalisis adalah analisis semiotik Roland Barthes, yakni dalam pemaknaan tanda terdapat dua tahapan, dimana tanda (penanda dan petanda) pada tingkat pertama (tingkat denotatif) menjadi tanda pada tanda (penanda dan petanda) pada tingkat kedua (tingkat konotatif) yang merupakan tahap perluasan makna dari tanda yang ditampilkan oleh tanda iklan yang diteliti.
Analisis dalam penelitian ini diawali dengan pembacaan tanda yang ada, kemudian diolah dan dianalisis melalui dua tahapan sesuai dengan metode analisis Roland Barthes. Dari analisis yang telah dilakukan diperoleh kesimpulan bahwa iklan televisi pasta gigi lebih banyak menggunakan simbol-simbol kemewahan dan eksklusifitas, sedangkan warna-warna cerah yang ditampilkan merupakan perwakilan dari rasa yang terkandung dalam produk iklan teresebut.

jika saudara sangat membutuhkan naskah lengkap penelitian ini sebagai bahan refrensi, saudara bisa menghubungi admin kami KLIK

Posting Komentar